09 June 2010



Baru-baru ini pada 23.5.2010 saya dimasukan kewad CRW (wad pemulihan jantung )diHospital Sultanah Bahiyah Alor Star, untuk membuat prosidur coronary agiogram (buka saluran darah sempit/tersumbat).

(BILIK PROSIDUR)
Prosidur dilakukan pada 24.5.2010 selama tiga jam mulai dari 11.00pagi hingga jam 2.00petang oleh Dato'Dr.Omar Pakar jantung dari Hospital Pulau Pinang dan dibantu oleh Dr. Cheng (pernah bertugas di Hospital Baling pada tahun 2001). Terdapat tiga saluran darah tersumbat, 2 saluran dipasang stented(Spring untuk buka saluran darah)setiap stented berharga RM3,000.00.




Satu saluran lagi akan dibuat diHospital Pulau Pinang disebabkan Hospital Sultanah Bahiyah tidak mempunyai alat yang mengcukupi/lengkap untuk prosidur ini disebabkan saluran tersebut tersumbat sepenuhnya.





MRI akan dilakukan bagi tujuan imbasan jantung untuk mengatahui keadaan jantung sama ada terdapat sel yang telah mati dan kedudukan saluran darah yang telah dibuat prosidur tarikh belum lagi ditetapkan.



Semasa prosidur dilakukan saya berada didalam keadaan sedar dan boleh bercakap dengan Pakar serta nampak apa yang dilaku. Bius setempat diberi ditempat yang hendak dilakukan prosidur (celah paha kanan). Selepas prosidur dilakukan iaitu hari keluar wad(hari kedua) baru terasa sakit dikaki sebelah kanan, badan terasa amat sejuk selepas itu menjadi panas, ini berlaku semasa dalam perjalan balik dari Alor Star ke Baling dan terpaksa menerima rawatan diHospital Baling dan berihat dirumah . (cuti sakit 10hari)



13.6.2010 akan ke Hospital Sultanah Bahiyah sekali lagi untuk klinik ulangan pemeriksaan doktor (Wafarin Klinik)









Sebelum prosidur dilakukan (nampak ok..boleh tersenyum lagi)








Selepas prosidur dilakukan baru tahu lagit tinggi rendah(ditemani oleh isteri tersayang)

Dimana kah kawan2ku dan saudara2ku..... dimasa ini dan ketika ini!!!!!!!!!!!!



Wajahku terkini







Penyumbang utama saluran darah tersumbat disebabkan oleh rokok dari itu BERHENTILAH MEROKOK..... Hasil dari rokok merupakan salah satu dana bantu yahudi... Kita kutuk yahudi waktu yang sama rokok masih berada dijari




Apa itu serangan jantung ?



Serangan jantung adalah suatu serangan penyakit yang terjadi ketika aliran darah melewati suatu bagian otot jantung tersumbat. Bila keadaan ini tidak dapat teratasi secara cepat, bagian dari otot jantung tersebut akan menjadi rusak karena kekurangan pasokan oksigen, dan kemudian otot tersebut akan mati.
Serangan jantung adalah pembunuh utama pada laki-laki dan wanita di negara maju. Untungnya saat ini sudah tersedia terapi-terapi termutakhir untuk mengatasi serangan jantung, sehingga kehilangan nyawa karenanya dapat dihindari. Penting untuk diingat bahwa terapi pada serangan jantung adalah paling efektif diberikan dalam 1 jam pertama sejak munculnya gejala awal. Bila Anda menemui seseorang yang sedang mengalami serangan, hubungi segera rumah sakit atau instalasi medis terdekat.
Serangan jantung paling sering terjadi sebagai akibat langsung dari suatu keadaan yang disebut sebagai Penyakit Jantung Koroner (PJK), atau Coronary Artery Disease (CAD). Pada penyakit ini terjadi suatu penimbunan lemak yang disebut plaque (plak) selama bertahun-tahun pada dinding dalam arteri koroner. Arteri koroner ini adalah pembuluh nadi yang mensuplai darah bagi otot-otot jantung. Plak ini meskipun menempel pada dinding arteri, kadang-kadang karena suatu hal dapat terkoyak atau terlepas, sehingga merangsang tubuh untuk membentuk gumpalan darah atau clot pada tempat terlepasnya plak tadi. Masalahnya, bila clot dapat terbentuk cukup besar untuk memblokir seluruh pasokan darah yang ditujukan untuk “memberi makan” otot jantung. Untuk lebih jelasnya silakan simak gambar.

Selama terjadinya serangan jantung, bila pemblokiran arteri koroner tidak tertangani cepat, otot jantung akan sedikit demi sedikit mengalami kematian dan berubah menjadi jaringan parut (scar tissue). Pada video di atas digambarkan secara global bagaimana pengaruh besar kecilnya kematian otot jantung (yang berubah menjadi scar tissue) terhadap fungsi pompa jantung. Kerusakan otot jantung ini mungkin tidak tampak jelas dari luar, atau mungkin juga menimbulkan masalah yang besar dan berkepanjangan. Semua itu tergantung dari berat-ringannya derajat kerusakan otot, serta seberapa besar daerah yang mengalami kerusakan.
Contoh problem pasca serangan jantung yang berat adalah gagal jantung dan ketidakteraturan irama jantung yang membahayakan nyawa. Gagal jantung adalah suatu keadaan di mana jantung tidak dapat memompa darah dalam kapasitas yang mencukupi bagi seluruh tubuh. Fibrilasi ventrikel adalah suatu gangguan ritme / irama denyut jantung yang serius dan dapat mengakibatkan kematian bila tidak ditangani segera. Pada vibrilasi ventrikel, otot ventrikel jantung (otot bagian bawah jantung yang bertugas memompa darah keluar dari jantung) tidak berdenyut seperti layaknya pompa, namun hanya bergetar saja sehingga volume darah yang keluar dari jantung sangat kecil.
Tindakan cepat pada gejala dini serangan jantung dapat menyelamatkan nyawa dan memperkecil resiko kerusakan otot jantung. Paling efektif penanganan dini dilakukan dalam 1 jam sejak timbulnya gejala pertama. Nah apa saja tanda dan gejalanya ?
Tanda dan gejala serangan jantung yang paling sering terjadi adalah :
1. Rasa nyeri (biasanya hebat) atau tidak nyaman pada dada -- sensasi seperti ditekan, seperti diperas, seperti digigit, seperti terisi penuh, atau nyeri pada dada tengah yang lebih sering menjalar ke dada kiri, satu atau dua tangan, tubuh bagian atas, tembus hingga punggung, leher, rahang bawah, atau ulu hati.
2. Nafas terasa berat dan pendek, dapat terjadi bersamaan atau sebelum terjadinya nyeri pada dada.
3. Tanda-tanda lainnya seperti
§ Mual
§ Muntah
§ Sensasi melayang / seperti mau pingsan
§ Keluar keringat dingin
Nah bila Anda mengetahui Anda terkena serangan jantung, langkah apa yang harus dilakukan ?
1. Jangan berpikir untuk macam-macam dulu, segera ke berangkat rumah sakit. Usahakan dalam 5 menit pertama bila memungkinkan.
2. Bila gejalanya hilang dalam waktu kurang dari 5 menit, maka tetap hubungi dokter Anda.
3. Usahakan sebisa mungkin agar Anda berangkat ke rumah sakit dengan ambulan. Namun bila tidak memungkinkan, segera minta keluarga atau kerabat Anda mengantar ke rumah sakit.
4. Nitrogliserin dapat membantu mengatasi gejala ini HANYA BILA DOKTER ANDA MERESEPKANNYA.






3 comments:

  1. weh man! mu jangang dok tanya mana kawang-kawang mung! aku dah tengok mung 15kali dah diwad melor haghi ning!.tapi apa-apa pung aku doakan mu cepat sembuh.

    ReplyDelete
  2. mu ok ke dah dekat nak khenduri

    ReplyDelete
  3. This is really a awesome and informative. Thanks a lot for giving such a good post. estetik

    ReplyDelete